waspadai hacking website pada serp (search engine result page)
November 12, 2015 Comments Closed

Waspadai tindakan hacking web pada SERP

Posted by:EdRic Web Services onNovember 12, 2015

Web tidak terlepas pada tindakan hacking. Hacking web pada umumnya jelas tidak lain hanya akan merugikan pemilik web. Beragam teknik hacking pada situs, ada yang bersifat langsung ataupun tidak langsung. Yang bersifat langsung adalah tindakan yang memang khusus ditujukan oleh hacker untuk menyerang suatu web. Sedangkan tindakan yang tidak langsung terkadang muncul dari komputer kita sendiri. Mengapa? Karena pada komputer atau laptop kita terdapat virus atau malware. Virus atau malware ini lah yang secara diam-diam menyebarkan virus atau malware pada situs.

Dilihat dari motifnya hacking web, hacker yang tidak bertanggung jawab menyebabkan hacking web dapat dilihat dari beberapa aspek dan pola :

  1. Memang ingin menyebarkan malware yang dibuatnya. Karena pada umumnya pada malware terdapat script yang akan men-tracking tindakan/aktifitas kita pada komputer. Kerugian yang terjadi atas tindakan seperti ini pada umumnya pencurian data-data seperti password kita baik pada email dan sebagainya. Bahkan ada yang mencuri data kartu kredit kita.
  2. Tujuan hacking adalah membuat web down
  3. Memang sengaja meng-hack situs dengan mengganti foto atau apapun identitas asli dari web dengan tujuan tak lain adalah memeras. Karena tindakan seperti ini pada umumnya si Hacker juga bersifat terang-terangan dengan mencantumkan identitas pelaku. Kemudian berharap dihubungi oleh pemilik situs dan mendapatkan uang untuk mengembalikan situs kembali normal.
  4. Dilakukan oleh praktisi / konsultan seo yang bertipe black hat dengan maksud dan tujuan untuk menurunkan posisi SERP (search engine result page / posisi halaman pada search engine yang dihacknya).

 

Waspadai tindakan hacking web pada SERP

Seperti yang sudah disebutkan diatas hacking web dapat menurunkan posisi SERP = Search engine result page. Mengapa? Karena apapun bentuk hacking situs diatas yang ditimbulkan yang sudah disebutkan diatas akan menyebabkan beberapa kerugian seperti yang sudah disebutkan diatas yaitu :

a. Pada situs terdapat malware

Bila pada situs terdapat malware, maka search engines pada saat meng-crawling akan menemukan malware. Disebabkan terdapat malware yang pada umumnya selalu akan merugikan, maka search engines akan mendegradasi web atau bila fatal maka web akan diblacklist untuk ditampilkan pada search engine.

b. Web down

Bila  situs down, maka search engines pada saat meng-crawling akan menemukan web down. Disebabkan karena web down ini maka search engines akan mendegradasi web karena dianggap web sudah tidak aktif lagi atau bila fatal maka web akan diblacklist untuk ditampilkan pada search engine.

c. Isi / konten web hilang

Bila  isi konten web hilang, maka search engines pada saat meng-crawling akan menemukan tidak adanya konten sama sekali ataupun konten berubah. Perlu dicatat bahwa search engines adalah program alogaritma  dalam menampilkan hasil pada SERP termasuk didalamnya mencatat apa isi dari web. Dan bila isi / konten web hilang maka search engines akan mendegradasi web karena dianggap web sudah tidak aktif lagi atau bila fatal maka web akan diblacklist untuk ditampilkan pada search engine.

d. Memang untuk menurunkan posisi SERP sehingga akan kehilangan potensi pendapatan dari sisi online karena posisi pada search engines menjadi turun

Memang dilakukan oleh praktisi / konsultan seo yang bertipe blackhat dengan maksud menurunkan posisi web yang di hackingnya. Polanya beraneka ragam seperti memasukan skrip/menginjeksi ke dalam dataabase, spamming, traffic hijacking/membajak traffic situs kita serta masih banyak lainnya sehingga atas tindakan hacking ini search engines akan mendegradasi web atau bila fatal maka web akan diblacklist untuk ditampilkan pada search engine.

Antisipasi dalam mewaspadai tindakan hacking web pada SERP

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan dalam mewaspadai tindakan hacking yang dapat diambil antara lain sebagai berikut :

  1. Membackup database anda karena beberapa tindakan hacking adalah dengan menginjeksi kode/script tertentu kedalam database anda. Sehingga bila situs terkena hacking, anda dapat menghapus seluruh database yang terkena infeksi kemudian menggantikan dengan yang masih baik yang sudah di backup sebelumnya.
  2. Tindakan hacking web juga pada umumnya bila anda menggunakan opensource maka akan menyusupi plugin atau modul ataupun design/templates anda. Bila terkena hacking, maka ada baiknya untuk menghapusnya kemudian mengganti dengan yang masih baik. Atau alternatif lain adalah dengan mengupdatenya bila terdapat update.
  3. Memproteksinya melalui .htaccess. Beberapa tindakan proteksi dapat dilakukan dengan menaruh instruksi pada .htaccess. (Akan dibahas pada artikel selanjutnya)
  4. Menambah fitur SSL / Secure Site. SSL adalah layanan dimana akan mengenkripsi arus informasi termasuk web anda sehingga akan lebih aman. SSL juga sangat dianjurkan untuk web yang bersifat memiliki transaksi online seperti e-commerce.

Hosting Server Powered by EdRic Host.
Copyrights © EdRic Web Services 2013 - 2019. a Member of EdRic Host Group