belanja online di toko online
Desember 8, 2014 0

Tips Belanja Online Menggunakan Kartu Kredit

Posted by:EdRic Web Services onDesember 8, 2014

Tips Belanja Online Menggunakan Kartu Kredit

Tips Belanja Online Menggunakan Kartu Kredit. Diulas lengkap sehingga dapat dijadikan beberapa kriteria dalam memutuskan pembelian online atau sebagai referensi untuk anda yang berminat untuk membangun bisnis online atau sudah berbisnis online store akan tetapi belum menggunakan sistem pembayaran menggunakan kartu kredit.

Dewasa ini penjualan online meningkat seperti terlihat dari artikel video presentasi tips meningkatkan penjualan online. Dan terkait mengenai sistem pembayarannya, ada yang sudah bisa menerima pembayaran menggunakan kartu kredit atau mungkin masih menggunakan transfer/cash on delivery dan sebagainya. Beberapa orang bahkan memilih masih ragu untuk bertransaksi online yang mungkin saja khawatir kartu kreditnya jebol.

Berikut beberapa tips belanja online yang aman pada online store yang menerima pembayaran melalui kartu kredit yang kami bedakan atas 2 kategori seperti dibawah ini :

a. Faktor yang layak dijadikan sebagai pertimbangan ok

1. Alamat  Website

Alamat website pada saat kita mengklik kolom order harus selalu diawali dengan https: seperti contoh dibawah ini sedangkan halaman utama dan lainnya tidak masalah bila http:

Mengapa https?

Beberapa kasus dari didengar oleh bobolnya kartu kredit karena disebabkan data pada saat kita mengisi kartu kredit dicuri oleh hacker. Akan tetapi ini lebih mudah bila pada alamat http: sedangkan https adalah protokol secure site yang data yang diproses pada halaman yang menggunakan https sudah dienkripsi sehingga tidak mudah untuk dibaca begitu saja. Penerapan dari https bisa dilihat dari alamatnya dimulai dengan https atau ada tanda gembok bahkan keduanya yaitu https dan gembok. Jadi bukan lah sipengelola online store tersebut yang nakal akan tetapi disebabkan dicuri hacker.

Catatan : Jangan pernah juga menyimpan data kartu kredit pada browser apapun. Dikhawatirkan komputer kita dihack dan dari data yang kita simpan pada browser, hacker mencurinya.

2. Merchant System

Kredibilitas ? Kredibilitas jelas merupakan faktor yang sangat penting. Latar belakang perusahaan jelas sangatlah penting. Akan tetapi terkadang sulit untuk menentukan kredibilitas bila ingin belanja online kecuali perusahaan yang memang sudah sangat dikenal. Terkadang bisa saja tidak pernah mengenal sama sekali apalagi bila berbelanja online dari negara lain. Tetapi tidak dapat dikatakan juga bila tidak dikenal maka akan bereputasi negatif. Semua didasarkan pada itikad dari pengelola yang menjalankan bisnis online storenya.

Beberapa faktor kredibilitas bisa dilihat dari sisi  review/testimonial akan tetapi bisa saja testimonial dari website di desain sedemikian rupa bila memang ditujukan untuk kepentingan yang tidak benar. Sehingga perlu di check faktor kredibilitas lainnya juga.

Kredibilitas lain yang dapat dipergunakan sebagai tolak ukur kredibilitas adalah Merchant System. Merchant System adalah faktor yang layak sangat layak untuk dipertimbangkan. Beberapa merchant asing yang dikenal contohnya seperti paypal dan lainnya.

Mengapa faktor merchant penting?

2.1. Rata-rata penyedia jasa merchant adalah perusahaan yang memang bergerak di institusi keuangan yang menerima layanan pembayaran kartu kredit adalah perusahaan yang memang sudah sangat kredibel. Baik dari sistem teknologi dan kredibilitasnya. Sistem dari merchant saja bisa dilihat dari bagaimana bisa diproses suatu kartu kredit. Bahkan ada yang diterima atau ditolak.

2.2. Untuk bisa mendapatkan layanan merchant, penyedia jasa yang menerima pembayaran kartu kredit juga sudah memenuhi beberapa syarat / screening kelayakan.

2.3. Saat ini pemberi layanan kartu kredit juga menyediakan notifikasi bila ada transaksi online seperti mengirim sms, mengirim sms disertai kode sehingga kita harus memasukan kode terlebih dahulu atau email yang berisi data yang harus dimasukkan untuk melengkapi transaksi.

2.4. Transaki dengan kartu kredit bahkan lebih aman melihat faktor 1-3 yang disebutkan diatas dibandingkan dengan transfer. Karena beberapa kasus setelah mentransfer, produk atau jasa bahkan tidak pernah diterima sama sekali. Dalam kasus ini bila situs yang memberikan layanan menerima kartu kredit tidak mengirimkan produk atau jasanya. Maka kita tinggal melaporkan ke merchant terkait dan pembayaran ke situs penerima kartu kredit akan di blokir dari merchant. Karena walaupun transaksi kita berhasil saat itu juga sebenarnya dananya masih tersimpan di merchant dimana akan dibayarkan berdasarkan jadwalnya. Mungkin minggu depan atau bahkan bulan depan.

Catatan : Klik link ini untuk referensi bagi anda yang ingin menerima pembayaran kartu kredit online atau silakan hubungi penyedia jasa merchant.

3. Data pertransaksi tidak dapat disalah gunakan

Penjual jasa yang menyediakan layanan online akan mendapatkan laporan dari setiap transaksinya akan tetapi kita tidak perlu khawatir nanti bisa disalah gunakan karena data penting anda seperti nomor lengkap kartu kredit, cc dan lainnya bisa dipakai kembali karena data yang diberikan tidak akan detil

 

 

b. Faktor yang layak dikhawatirkan

Jelas kebalikan dari beberapa faktor diatas akan tetapi hanya beberapa penambahan saja.

1. Jangan bertransaksi pada halaman order yang http://

 

Sumber :

Edward R.M. Tj.

Konsultan Internet Marketing Bersertifikat

Hosting Server Powered by EdRic Host.
Copyrights © EdRic Web Services 2013 - 2018. a Member of EdRic Host Group