Tips Meningkatkan Penjualan Online dan Branding Online
meningkatkan penjualan online
November 18, 2015 0

Tips Meningkatkan Penjualan Online dan Branding Online

Posted by:EdRic Web Services onNovember 18, 2015

Kecenderungan ketergantungan setiap individu dalam mendapatkan informasi saat ini adalah menggunakan teknologi internet. Persentase perubahan dari hari ke hari juga bertambah. Bahkan sangat drastis sekali dibandingkan era tahun 1990 dan 2000 khususnya di Indonesia. Kecenderungan ini pun secara langsung ataupun tidak langsung mengakibatkan pebisnis juga berlomba-lomba untuk mendapatkan pasar online, mengingat pasar online saat ini sudah exist keberadaannya seperti terlihat pada data pencapaian penjualan online dibawah ini :

Top 10 Internet Retail Sale Online

 

Perkembangan penggunaan teknologi terkait website (situs)

Pada era awal, komunikasi masih menggunakan pola konvensional. Kalaupun sudah ada masih menggunakan teknologi komunikasi telepon. Pada masa ini penggunakan teknologi komputer masih terbatas untuk offline seperti pembuatan laporan kerja dan lain-lain.

Karena fleksibilitas, perubahan komunikasi berubah menjadi mobile phone / handphone. Pada saat ini komunikasi bisnis, beberapa sudah menggunakan online. Tapi masih terbatas untuk komunikasi tertulis (email). Dikarenakan komunikasi tertulis/email mempunyai bentuk yang lebih kuat karena tertulis. Pada masa ini yang dimaksudkan istilah online juga masih terkait penggunaan pc/laptop.
Perubahan bergeser, beberapa individu/perusahaan memilih media komunikasi mereka menggunakan media online yaitu pembuatan website. Tetapi belum kearah untuk memaksimalkan media online mereka.Pada masa ini yang dimaksudkan istilah online juga masih terkait penggunaan pc/laptop dan beberapa sudah mengakses online lewat mobile phone/ponsel mereka .
Perubahan terakhir yang saat ini mulai marak di Indonesia adalah penetrasi strategi bisnins menggunakan media online atau disebut perkembangan digital marketing (seo, ppc, sosial media). Dimana pada tahapan ini disebabkan meningkatkan penggunaan media online khususnya internet baik melalui pc/laptop atau ponsel baik untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis.

Tips Meningkatkan Penjualan Online dan Branding Online

Kembali ke pokok pembahasan artikel ini dan terkait penulisan diatas ada 2 subjek terkait meningkatkan penjualan online dan branding online menyangkut fungsi sales dan marketing :
1. Sales

Strategi penetrasi menggunakan media online yang bertujuan untuk peningkatan penjualan. Yang utama dari penerapan digital marketing (seo, ppc dan sosial media) adalah penerapan penggunaan seo (search engine optimization) atau penggunaan ppc (pay per click) disebabkan oleh search engines demand (permintaan yang sudah ada akan tetapi melalui search engine). Akan tetapi penggunaan search engines juga bisa berfungsi sebagai branding. Istilah pelanggan disini juga tidak hanya dimaksudkan untuk pelanggan eksternal akan tetapi juga berguna untuk mendapatkan pelanggan internal bila website bisa ditemukan.

Karakteristik dari Search Engine Demand

Karakteristik Search Engine Demand juga sangat unik/berbeda. Dimana prosentasenya tingkat pembeliannya dipastikan lebih tinggi disebabkan faktor :

1. Sales

a. Pada umumnya setiap individu saat ini menggunakan search engines guna memenuhi kebutuhan mereka baik informasi, pembelian produk atau jasa. Contoh mengetik suatu keyword di search engines dalam mencari produk/jasa.

b. Disebabkan faktor dasarnya kebutuhannya sudah ada akan tetapi karena menggunakan/mengandalkan search engines dalam upaya memenuhi kebutuhannya (contoh a). Maka individu tersebut sudah bergantung kepada hasil yang didapat dari hasil yang dikeluarkan oleh search engines. Yang juga menyebabkan penentu tingkat prosentasi yang lebih tinggi yang saya sebutkan diatas.
2. Marketing

Strategi penetrasi menggunakan media online yang bertujuan untuk peningkatan brand (branding), brand awareness atau image produk/merk ataupun jasa. Brand atau merek yang lebih kuat dibandingkan pesaingnya tentu akan lebih mudah untuk penjualannya dibandingkan brand atau merek yang kurang terkenal. Yang dilakukan pada tahapan digital marketing ini adalah penggunaan media sosial media *).

*) Penjualan melalui sosial media juga dapat dilakukan dan lebih efektif  bila pengikut/likes/follower anda banyak dimana publikasi suatu produk atau promo akan dapat diterima oleh seluruh follower anda.

Penerapan SEO dan PPC (Search Engine) dalam meningkatkan penjualan online dan branding online sebagai promosi website

Dari ulasan diatas salah satu meningkatkan penjualan adalah menggunakan search engines untuk meningkatkan penjualan.
Mengapa menggunakan SEO atau PPC ?

Fungsi SEO atau PPC adalah supaya website anda berada dihalaman awal atau dalam istilah digital marketing adalah SERP (search engine result page). SERP adalah sangat penting bila anda memutuskan menggunakan penetrasi strategi online.

Pola penggunaannya biasanya adalah

  • Merekrut karyawan yang mempunyai kemampuan, disebabkan walau fungsi kerja nya IT akan tetapi digital marketing adalah spesialisasi kerja yang berbeda dengan lingkup kerja IT secara garis besar bila dilihat dari spesialisasi kerja.
  • Menvendorkan kepada agensi yang memiliki kemampuan. Bahkan bila kebutuhan sangat tinggi maka yang dilakukan adalah keduanya yaitu merekrut karyawan dan juga menunjuk konsultan seperti pekerjaan Accounting dan Auditor yang sudah tentu juga tidak akan overlapping atau inefisiensi kerja.

Next >>

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hosting Server Powered by EdRic Host.
Copyrights © EdRic Web Services 2013 - 2017. a Member of EdRic Host Group