Cara Meningkatkan Penjualan Online Menggunakan Search Engine

Kecenderungan ketergantungan setiap individu dalam mendapatkan informasi saat ini adalah menggunakan teknologi internet. Persentase perubahan dari hari ke hari juga bertambah. Bahkan sangat drastis sekali dibandingkan era tahun 1990 dan 2000 khususnya di Indonesia. Kecenderungan ini pun secara langsung ataupun tidak langsung mengakibatkan pebisnis juga berlomba-lomba untuk mendapatkan pasar online, mengingat pasar online saat ini sudah exist keberadaannya seperti terlihat pada data pencapaian penjualan online dibawah ini :

Top 10 Internet Retail Sale Online

Perkembangan penggunaan teknologi terkait website (situs)

Pada era awal, komunikasi masih menggunakan pola konvensional. Kalaupun sudah ada masih menggunakan teknologi komunikasi telepon. Pada masa ini penggunakan teknologi komputer masih terbatas untuk offline seperti pembuatan laporan kerja dan lain-lain.

Karena fleksibilitas, perubahan komunikasi berubah menjadi mobile phone / handphone. Pada saat ini komunikasi bisnis, beberapa sudah menggunakan online. Tapi masih terbatas untuk komunikasi tertulis (email). Dikarenakan komunikasi tertulis/email mempunyai bentuk yang lebih kuat karena tertulis. Pada masa ini yang dimaksudkan istilah online juga masih terkait penggunaan pc/laptop.
Perubahan bergeser, beberapa individu/perusahaan memilih media komunikasi mereka menggunakan media online yaitu pembuatan website. Tetapi belum kearah untuk memaksimalkan media online mereka.Pada masa ini yang dimaksudkan istilah online juga masih terkait penggunaan pc/laptop dan beberapa sudah mengakses online lewat mobile phone/ponsel mereka .
Perubahan terakhir yang saat ini mulai marak di Indonesia adalah penetrasi strategi bisnins menggunakan media online atau disebut perkembangan digital marketing (seo, ppc, sosial media). Dimana pada tahapan ini disebabkan meningkatkan penggunaan media online khususnya internet baik melalui pc/laptop atau ponsel baik untuk kebutuhan pribadi ataupun bisnis.

Cara Meningkatkan Penjualan Online dan Branding Online menggunakan Search Engine (Search Engine Marketing)

Kembali ke pokok pembahasan artikel ini dan terkait penulisan diatas ada 2 subjek terkait meningkatkan penjualan online dan branding online menyangkut fungsi sales dan marketing :
1. Sales

Strategi penetrasi menggunakan media online yang bertujuan untuk peningkatan penjualan. Yang utama dari penerapan digital marketing (seo, ppc dan sosial media) adalah penerapan penggunaan seo (search engine optimization) atau penggunaan ppc (pay per click) disebabkan oleh search engines demand (permintaan yang sudah ada akan tetapi melalui search engine). Akan tetapi penggunaan search engines juga bisa berfungsi sebagai branding. Istilah pelanggan disini juga tidak hanya dimaksudkan untuk pelanggan eksternal akan tetapi juga berguna untuk mendapatkan pelanggan internal bila website bisa ditemukan.

Karakteristik dari Search Engine Demand

Karakteristik Search Engine Demand juga sangat unik/berbeda. Dimana prosentasenya tingkat pembeliannya dipastikan lebih tinggi disebabkan faktor :

1. Sales

a. Pada umumnya setiap individu saat ini menggunakan search engines guna memenuhi kebutuhan mereka baik informasi, pembelian produk atau jasa. Contoh mengetik suatu keyword di search engines dalam mencari produk/jasa.

b. Disebabkan faktor dasarnya kebutuhannya sudah ada akan tetapi karena menggunakan/mengandalkan search engines dalam upaya memenuhi kebutuhannya (contoh a). Maka individu tersebut sudah bergantung kepada hasil yang didapat dari hasil yang dikeluarkan oleh search engines. Yang juga menyebabkan penentu tingkat prosentasi yang lebih tinggi yang saya sebutkan diatas.
2. Marketing

Strategi penetrasi menggunakan media online yang bertujuan untuk peningkatan brand (branding), brand awareness atau image produk/merk ataupun jasa. Brand atau merek yang lebih kuat dibandingkan pesaingnya tentu akan lebih mudah untuk penjualannya dibandingkan brand atau merek yang kurang terkenal. Yang dilakukan pada tahapan digital marketing ini adalah penggunaan media sosial media *).

*) Penjualan melalui sosial media juga dapat dilakukan dan lebih efektif  bila pengikut/likes/follower anda banyak dimana publikasi suatu produk atau promo akan dapat diterima oleh seluruh follower anda.

Penerapan SEO dan Adwords (Search Engine Marketing) dalam meningkatkan penjualan online dan branding online

Dari ulasan diatas salah satu meningkatkan penjualan adalah menggunakan search engines marketing untuk meningkatkan penjualan.

Mengapa menggunakan SEO atau PPC  ( Google Ads ) ?

Fungsi SEO atau PPC adalah supaya website anda berada dihalaman awal atau dalam istilah digital marketing adalah SERP (search engine result page). SERP adalah sangat penting bila anda memutuskan menggunakan penetrasi strategi online.

Pola penggunaannya biasanya adalah

  • Merekrut karyawan yang mempunyai kemampuan, disebabkan walau fungsi kerja nya IT akan tetapi digital marketing adalah spesialisasi kerja yang berbeda dengan lingkup kerja IT secara garis besar bila dilihat dari spesialisasi kerja.
  • Menvendorkan kepada agensi yang memiliki kemampuan. Bahkan bila kebutuhan sangat tinggi maka yang dilakukan adalah keduanya yaitu merekrut karyawan dan juga menunjuk konsultan seperti pekerjaan Accounting dan Auditor yang sudah tentu juga tidak akan overlapping atau inefisiensi kerja.
Cara Meningkatkan Penjualan Online Menggunakan Search Engine
read more

Bikin Toko Online Gratis

Bikin Toko Online Gratis

Untuk anda yang berencana membuat peluang bisnis online baru dengan mencoba membuat toko online atau sudah memiliki bisnis dan ingin memulai penetrasi bisnis menggunakan media online, saat ini untuk bikin toko online gratis bisa dilakukan 100%.  (referensi : penting untuk dibaca terlebih dahulu artikel cara membuat website, dan tips buat website dalam 1 menit serta tips memilih hosting. Penulis dalam asumsi penulisan ini menganggap anda sudah mengetahui proses awal untuk buat website).

Langkah bikin toko online gratis :

  1. Memilih hosting gratis yang menyediakan layanan ini *).
  2. Memilih 1 dari beberapa opensource toko online.
  3. Setelah memilih opensource, anda dapat membeli template yang dijual atau membuat sendiri dan perhatikan pula kategori template opensourcenya. Bila menggunakan prestashop tentunya harus template prestashop.

*) Penting untuk diperhatikan bahwa pada umumnya opensource toko online membutuhkan database. Beberapa database yang sering digunakan adalah MySQL dan Postgre. Jadi pastikan juga hosting gratis yang menyediakan layanan ini memiliki fitur database. Sebagai referensi www.indonesia-webhosting.com dan www.edric-hosting.com dilengkapi dengan fitur database ini.

Dalam hal buat toko online gratis, berikut berapa opensource yang dapat dipergunakan adalah :

 

1. Magento (gratis)

Anda hanya harus melihat daftar klien Magento untuk menyadari apa bagian yang sangat baik dari perangkat lunak open-source itu. Samsung, The North Face, Stussy dan Nespresso semua menggunakannya toko online mereka. Opensource ini digunakan oleh 30.000 pedagang dan platform e-commerce pertumbuhan tercepat di dunia. Anda harus membayar untuk Enterprise Edition, yang dikemas penuh dengan fitur yang sangat berguna, tetapi Community Edition, dimaksudkan untuk pengembang saja, bebas untuk men-download dan digunakan.
2. osCommerce (gratis)

osCommerce benar-benar gratis di bawah GNU General Public License dan melayani sangat baik untuk kebutuhan kebanyakan orang. Tidak mengherankan, mengingat betapa mudahnya untuk membuat dan menjalankan, itu sangat populer, dipergunakan lebih 228.700 toko online. Popularitas seperti tidak datang dengan penurunan yang signifikan namun-itu membuat lebih sulit bagi Anda untuk membedakan toko Anda dari ribuan orang lain di luar sana. Jika Anda ingin berdiri keluar dari keramaian, Anda akan perlu menggunakan beberapa 5.800 add-ons yang tersedia, beberapa di antaranya berbayar.
3. OpenCart (gratis)

Tidak hanya OpenCart terlihat bagus. Anda dapat membuat jumlah kategori yang tidak terbatas, menjual jumlah produk yang tidak terbatas, menerima berbagai mata uang, menggunakan beberapa bahasa, dan memilih dari lebih dari 20 pembayaran dan 8 metode pengiriman. User-friendly dan search-engine friendly , jadi akan membantu organic search anda di search engines. Pelanggan bahkan dapat meninjau dan menilai barang-barang yang Anda jual. Ini tidak sepopuler osCommerce, jadi tutorial dan fitur lainnya tidak begitu tersedia secara bebas.
4. Spree Perdagangan (gratis)

Memiliki fitur yang berguna termasuk dukungan untuk lebih dari 50 gateway pembayaran, halaman checkout dan logika pajak kustom, yang dapat menghemat pedagang baik waktu dan usaha. Hal ini juga dilengkapi dengan fitur Google Analytics.
5. PrestaShop (gratis)

PrestaShop adalah opensource profesional kelas e-Commerce. Solusi lain yang dapat Anda download, instal, dan gunakan secara gratis. Di dalam administrator, Anda akan menggunakan aplikasi back-office dengan fitur lengkap untuk mengelola bisnis online Anda (termasuk persediaan, order, pengiriman, dan pelanggan) secara real-time. Pembayaran pelanggan Anda dikirim langsung ke rekening bank komersial Anda menggunakan teknologi keamanan terbaru.
6. VirtueMart (gratis)

VirtueMart, yang telah dirancang tidak berdiri sendiri akan tetapi untuk bekerja bersama Opensource Joomla !, dengan keranjang yang terkelola benar-benar secara rapi sehingga pelanggan merasa langsung nyaman. Tidak hanya membiarkan pelanggan membeli barang, memungkinkan mereka membuat account, menambahkan alamat dan mengakses riwayat pesanan mereka. Beberapa bahasa dan mata uang, dan produk dan kategori terbatas yang didukung. 2,5 juta orang telah mendownload VirtueMart sejauh ini dan sebagian besar senang dengan hasilnya.
7. Ubercart (gratis)

Ubercart juga opensource yang tidak berdiri sendiri. Dirancang khusus untuk orang-orang yang menjual hal-hal seperti download file pendaftaran acara, website melewati akses dan tiket acara, bukan produk fisik. Seperti VirtueMart, yang harus terintegrasi dengan Joomla !, Ubercart harus terintegrasi dengan Drupal. Pengguna Drupal akan merasa nyaman memilih modul yang ideal dan tema untuk menyesuaikan toko mereka dengan, tetapi jika Anda bukan pengguna Drupal, saya sarankan memilih platform yang sedikit lebih mudah.

8. Woocommerce (gratis).

Woocommerce juga opensource yang tidak berdiri sendiri. Woocommerce harus terintegrasi dengan WordPress. Tersedia beragam plugin dan themes sehingga memiliki fleksibilitas sendiri menggunakan opensource ini.

9. Zeuscart (gratis)

Hal terbaik tentang Zeuscart adalah user interface-nya, yang kaya, menarik, user-friendly dan umumnya kurang membosankan daripada kebanyakan open-source. Dirancang untuk penggunakan usaha kecil dan menengah, pengguna dapat membuat sebagian dari URL SEO friendly, memiliki fitur kartu hadiah, diskon, email template dan tier-harga, yang memungkinkan untuk menurunkan harga untuk pesanan massal.
10. Afcommerce (gratis)

Jika Anda ingin menyimpan Platform e-commerce Anda secara sederhana, maka Afcommerce bisa menjadi pilihan untuk Anda. Ini tidak terlalu baik tampilannya, baik pada pelanggan maupun sisi pengguna, tetapi bekerja langsung dari kotak dan sangat ideal untuk pemula. Memiliki cepat satu halaman checkout, membantu pelanggan melalui jendela pop-up dan rekening nasabah yang dihasilkan secara otomatis dari pesanan.
11. Zen Cart (gratis)

Mudah untuk menginstal, mudah untuk menyesuaikan dan mudah untuk mengelola, Zen Cart sangat cocok untuk mereka yang ingin platform e-commerce sederhana tanpa repot. Dilengkapi dengan fitur plugin manajer newsletter, kupon diskon, hadiah sertifikat dan semua fitur dasar yang Anda harapkan. Pengguna dapat membuat sebagian dari banyak add-ons yang tersedia untuk menyesuaikan toko mereka dan membuat pengalaman admin mereka sedikit lebih mudah.
12. SimpleCart js (gratis)

Fitur pembayaran SimpleCart (js) 2.0 tidak lagi hanya untuk Paypal. Sekarangjuga dapat mempergunakan fitur yang dapat bekerja dengan Google Checkout juga. Anda sekarang dapat menambahkan kenaikan, penurunan, dan menghapus tombol ke troli Anda. Anda juga dapat mengatur ulang item, mengubah tag HTML, melakukan apapun yang Anda ingin menampilkan keranjang Anda bagaimana Anda inginkan. Tidak ada database, tidak ada pemrograman. Sebuah keranjang belanja javascript sederhana di bawah 20kb yang Anda dapat mengatur dalam beberapa menit. Opensource ini ringan, cepat, mudah digunakan, dan benar-benar dapat disesuaikan. Semua yang perlu Anda ketahui adalah HTML dasar.
13. Tomato Cart (gratis)

TomatoCart adalah generasi baru dari open source keranjang belanja solusi. Hal ini pengembangan modul dari osCommerce 3 sebagai proyek terpisah. Sebagai aplikasi web menjadi lebih dan lebih canggih, dilengkapi dengan teknologi modern web 2.0 seperti Internet Applications Ajax dan menawarkan perbaikan kegunaan yang signifikan dan membuat berinteraksi dengan antarmuka web lebih cepat dan lebih efisien.
14. CubeCart (gratis dan berbayar)

Modul Opensource CubeCart terintegrasi dengan sangat baik ke semua jenis situs dan terlihat sangat profesional dari sudut pelanggan pandang. Tersedia CubeCart 3 gratis dan CubeCart 4, platform premium, biaya £ 110. Ada sejumlah perbedaan yang signifikan antara kedua: CubeCart 3 memiliki 3 kulit, CubeCart 4 memiliki 5; CubeCart 3 memiliki 4 langkah pembayaran, CubeCart 4 memiliki 2; registrasi pelanggan adalah wajib di CubeCart 3, tapi opsional di CubeCart 4 dll dll Saya sarankan berinvestasi di CubeCart 4 jika Anda serius tentang menggunakan platform untuk waktu yang lama, tapi menyarankan Anda memberikan 3 pergi pertama untuk melihat jika Anda suka nuansa itu.
15. StoreSprite (gratis)

Meskipun gratis, StoreSprite menawarkan banyak fitur yang Anda harapkan untuk menemukan hanya pada platform dibayar untuk dan lebih populer. Ini termasuk loyalitas poin, peringkat pelanggan dan ulasan, pemberitahuan status, pelacakan pesanan, penawaran khusus, penjual terbaik dan rekening pembelanja. Kelemahan utama dari platform adalah bahwa toko Anda akan datang pemberitahuan  hak ciptaStoreSprite, yang berpotensi modul opensource anda dapat dihapus

Bikin Toko Online Gratis
read more

Penting Unsur Desain Website dalam Keberhasilan Bisnis Online

Faktor Desain Website dalam Keberhasilan Bisnis Online

Perkembangan pengguna dunia online yang meningkat secara tajam pada akhir-akhir ini membuat banyaknya perusahaan-perusahaan yang sebelumnya pada era 1980-an hanya mengandalkan strategi pemasaran dari khusus offline saja, dewasa ini banyak perusahaan-perusahaan menjadikan pasar online dalam salah satu bagian perencanaan pemasarannya dari keseluruhan strategi pemasarannya. Bahkan dalam perusahaan yang sudah lebih stabil saat ini, menetapkan budget promosi hanya dari sisi untuk kebutuhan pemasaran dan penargetan meraih penjualan online di dunia maya.

Terkait perencanaan dalam kesuksesan strategi online, faktor design website yang sebenarnya murni masuk bagian dalam tahap pengembangan web (secara teknis), juga memiliki andil penting dalam kesuksesan sebuah bisnis online.

Adapun faktor desain website yang ini dapat dibagi atas beberapa kategori pandangan :

1. Faktor Branding / Image

Berbicara mengenai dunia maya atau dunia virtual, sudah tentu pengunjung daripadanya sudah tentu akan memasuki web anda sebagai perwakilan dari kantor virtual dari perusahaan anda dan/atau toko virtual dari bisnis anda.  Adapun web anda berfungsi sebagai ujung tombak penjualan anda dari sisi strategi pemasaran online anda. “Ada baiknya pada saat membangun sebuah web untuk kebutuhan pemasaran online, desain website memikirkan faktor profesionalisme dalam unsur desainnya”. Ini terkait pencitraan akan perusahaan/bisnis anda atau disebut juga branding online. Pencitraan yang lebih baik tentunya akan memberikan dampak positif kepada faktor penjualan. Selain itu, dengan menampilkan desain web yang profesional juga akan memberikan tingkat keyakinan pelanggan/calon pelanggan pada tingkat yang lebih.

2. Faktor Organic Search / SEO

Bila sebuah web merupakan ujung tombak penjualan dari segmen pasar online, sudah tentu faktor traffic juga harus diperhitungkan. Traffic web adalah jumlah tingkat pengunjung web. Dalam hal penerapan strategi online, web bukan hanya merupakan ujung tombak dari penjualan saja saja akan tetapi mencakup kebutuhan lain yang lebih besar seperti branding ataupun mass communication / public relations. Mengapa desain sebuah situs web juga dapat dijadikan tolak ukur dari sisi organic search / seo ? Disebabkan apa yang dinamakan search engine  friendly. Search engines pada umumnya menganalisis struktur dari setiap situs. Dimana search engines dalam penempatannya tidak melihat keindahan dari sebuah situs web. Akan tetapi struktur hirarki dan alogaritma sebuah web. Kenyataannya, tidak semua desain web yang baik dan professional sudah pasti search engine friendly.  Faktor search engine friendly ini murni terlepas dari unsur estetika sebuah web. Bila dilihat dari faktor organic search ini maka dapat bertolak berbelakang dengan faktor branding yang sudah disebutkan sebelumnya.

Berdasarkan dari yang sudah disebutkan bahwa desain sebuah situs web memegang peranan penting maka kesimpulan yang dapat diambil sebagai rekomendasi desain sebuah situs web adalah

” Design website harus mengutamakan pada unsur profesionalisme dan harus mengutamakan pada unsur Desain yang search engine friendly. “

Selain faktor pentingnya unsur desain yang sudah disebutkan diatas, dalam keberhasilan bisnis online perlu juga mempertimbangkan faktor-faktor pertimbangan sebelum memilih layanan pembuatan website. Detailnya dapat dibaca pada Pertimbangan Utama Sebelum Membeli Layanan Jasa Bikin Website

Penting Unsur Desain Website dalam Keberhasilan Bisnis Online
read more

Iklan penjualan online

Iklan mempunyai keterkaitan dengan kenaikan penjualan. Tidak hanya itu, iklan juga dapat berfungsi sebagai branding / promosi yang sifatnya memperkenalkan produk yang baru atau mengingatkan kembali akan produk yang sudah dikenal sebelumnya. Nah, terkait media online ada beberapa iklan online yang lazim di gunakan guna meningkatkan penjualan online.

Google Adwords

Google adwords adalah salah satu platform iklan Google . Google adwords menekankan pada penampilan iklan pada search engine bila mengetik keyword yang ditargetkan. Contoh seperti tampilan kuning dibawah ini.

organic search dan paid search

Google adwords tidak hanya menampilkan iklan pada search engine akan tetapi bisa juga pada website-website lain, yang dikenal GDN (google display network).

Iklan Instagram

Instagram adalah salah satu media sosial media yang populer saat ini. Iklan Instagram adalah iklan yang ditampilkan pada media Instragram yang akan menjangkau semua pengguna Instagram. Sekilas Iklan Instagam Ads berbentuk postingan. Akan tetapi yang membedakannya adalah pada iklan Instagram terdapat tulisan sponsored. Bila pada postingan, postingan anda bisa dilihat oleh follower. Akan tetapi bila Instagram Ads dapat dilihat oleh seluruh pengguna Instagram. Tidak hanya itu, Iklan Instagram juga akan membantu meningkatkan follower secara alami

Contoh iklan Instagram seperti dibawah ini

iklan instagram ads

Iklan Facebook

Facebook adalah salah satu media sosial media yang populer saat ini. Iklan Facebook Ads adalah iklan yang ditampilkan pada media Facebook yang akan menjangkau semua pengguna Facebook. Bila pada Facebook bentuk posting anda hanya dapat dilihat oleh jaringan teman anda.  Iklan Facebook Ads dapat dilihat oleh seluruh pengguna Facebook. Iklan Facebook juga akan membantu meningkatan like secara alami. Iklan Facebook Ads memiliki beberapa penempatan pada halaman facebook seperti terlihat dibawah ini

iklan fb ads

 

Iklan Youtube Ads

Iklan Youtube adalah iklan yang ditampilkan pada media Youtube.Ada beberapa tempat penampilan iklan yang dapat timbul pada iklan Youtube seperti dibawah ini

iklan youtube ads

Layanan Endorse / Endorsement

Layanan endorsement / endorse adalah sebuah layanan iklan yang pada umumnya dilakukan pada media Instagram oleh para artis / public figure / influencer / selebgram sehingga produk dapat dikenal masyarakat luas dan pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan online. Tarif endorsement berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya.

 

Pengoptimalan Iklan Online

Bagaimana pengoptimalan Iklan Penjualan Online diatas? Disarankan untuk menggunakan agency-agency atau konsultan yang bergerak pada bidang ini. Mengapa? Karena guna pengoptimalan iklan diperlukan beberapa teknik-teknik khusus. Dan anda tinggal membayarkan jasanya saja tanpa perlu repot memikirkan pengoptimalan iklan.

Artikel terkait : Tips meningkatkan penjualan online

Sponsor :

Kami juga menerima layanan iklan penjualan online yang sudah disebutkan  diatas. Untuk pemesanan dapat menghubungi 0853-19908189

Sumber : Konsultan Bersertifikat – EdRic Web Services

Iklan penjualan online
read more

Jasa SEO

Jasa SEO

” Adalah salah satu bentuk dari promosi website  akan tetapi bukan seperti promosi iklan melainkan Optimasi situs pada situs search engines atau Search Engines Optimization atau Layanan Organic Search “ merupakan satu bagian dari Internet Marketing dan merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk sukses bila memutuskan strategi pemasaran dan penjualan melakukan penetrasi strategi online selain strategi Offline yang sudah dijalankan sebelumnya.

Setiap search engines dalam menampilkan informasi yang diketik oleh pengunjung mendasari pada alogaritma mereka masing-masing. Pengembangan alogaritma ini juga berkembangan dari hari ke hari untuk menampilkan informasi se-relevan mungkin dan se-akurat mungkin mengikat hakikat dari dibangunnya industri search engines. Contoh dari pengembangan ini di Google dikenal sebagai Alogaritma Penguin, Panda serta Hummingbird.

Mengapa Penerapan Organic Search penting ?

  1. Jawabannya adalah traffic/pengunjung situs/website visibility. Semua orang pada saat ini mencari informasi dari internet  menggunakan search engines dengan mengetikkan kata kunci yang relevan. Kemudian search engines seperti google, bing, yahoo, dll akan menampilkan semua hasil yang berkaitan dengan kata kunci yang relevan diketik.
  2. Manfaat peningkatan penjualan melalui online. Ketergantungan individu yang menggunakan internet bukan hanya terbatas pada kebutuhan mencari informasi yang diinginkan tetapi juga pada saat ingin memutuskan pembelian produk atau jasa. Contoh ingin membeli tiket online, mencari produk kategori x yang menawarkan harga yang lebih murah dan lain-lain.
  3. Manfaat pemasaran atau promosi pada saat pengunjung situs mencari dan menemukan situs anda.
  4. Manfaat branding dan peningkatan brand awareness.
  5. Bisa berguna sebagai marketing intelligence.
  6. Manfaat hubungan masyarakat (public relation). Salah satu target dari program hubungan masyarakat adalah sosialisasi program yang ada seluas mungkin. Sehingga bila saat individu mengetik keyword x dan bila pemilik situs (dalam hal ini yang memiliki program hubungan masyarakat), situs mereka muncul maka individu dapat menggali informasi x yang ada. ( artikel lain Manfaat organic search dan paid search dan teknik dan metode seo ).

Contoh asumsi

Ketika saya mengetik kata kunci “layanan ppc bersertifikat” karena kebutuhan untuk mencari layanan yang menyediakan ppc dari konsultan bersertifikat. Mesin pencari seperti google menampilkan 22.900 situs berdasarkan kata kunci yang diketik dan ” jasa seo bersertifikat ” dan menampilkan hasil sebanyak 26.800 situs .

jasa seo

Bila melihat kasus seperti diatas berarti ada sekitar 20.000 persaingan di search engines. Bisnis berarti berkompetisi termasuk didalam kompetisi di dunia nyata ataupun di dunia maya (dunia online) disebabkan persaingan bisnis merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari suatu perusahaan dengan perusahaan-perusahaan pesaing, kecuali bisnis yang bersifat monopoli. Dan tolak ukur dalam memenangkan persaingan bisnis termasuk didalamnya perkembangan semua strategi yang akan memberikan hasil yang baik untuk perusahaan. Jadi, bayangkan jika ada kasus seperti yang sudah disebutkan diatas dan kata kunci yang diketik berhubungan dengan nature bisnis anda dan posisi anda tidak berada pada halaman strategis awal. Apakah kita memiliki kesempatan besar memenangkan persaingan di dunia maya/online bila search engines tidak menampilkan website kita pada halaman strategis awal? Tentu, jawabannya tidak.

Pada jasa seo profesional, konsultan Organic search akan menggunakan teknik dan tertentu bagaimana mengoptimalisisasi situs anda di search engine guna menempati halaman utama berdasarkan kaidah hukum Search Engines Optimization seperti pada contoh keyword yang disebutkan diatas. Hal ini juga bisa terjadi pada keyword-keyword misalkan travel umroh jakarta terbaik

Jasa SEO
read more

Pemblokiran Website di Search Engines

Mengacu pada judul artikel pemblokiran website di search engine. Kasus ini sekilas agak rancu bagi awam. Apakah memang SERP nya yang tidak baik sehingga website tidak keluar atau disebabkan karena dicekal/diblokir di search engine. Akan tetapi mengingat topik website mengenai pencekalan/pemblokiran maka penulis tetap mengacu pada isi artikel.

Pertanyaan yang mungkin timbul dibenak pembaca adalah Mungkinkah sebuah website di blokir di search engines? Jawabnya ya, sangat mungkin.

Pemblokiran Di Search Engines

Bagaimana cara mengecek apakah web anda di blokir di search engine atau memang SERP nya yang tidak baik ? Caranya cukup mudah, anda tinggal mengetik keyword berdasarkan nama domain yang anda ingin cek pada search engines. Misalkan bila mengacu pada website ini maka keywordnya adalah site:edricweb.com seperti contoh dibawah ini.

pemblokiran di search engine

pemblokiran di search engine

 

Bila hasil masih menunjukkan website anda ada maka berarti website anda tidak terkena pencekalan/pemblokiran di search engine.

Adapun pemblokiran di search engine terjadi bila hal yang fatal sudah terjadi.

Tingkatan sebelum Pemblokiran sampai ke Tingkat Pemblokiran di Search Engines.

  1. Penurunan peringkat SERP yang bukan disebabkan oleh karena kompetisi keyword
  2. Bila sudah fatal maka website akan diblokir.

Penyebab Website di blokir di search engine.

Ada beberapa penyebab yang dapat ditimbulkan yang menyebabkan sebuah situs web di blokir di search engine.

  1. Website terkena virus
  2. Website terkena hacking
  3. Penerapan SEO yang salah oleh Konsultan SEO anda.

Mungkinkah website yang terkena hacking di recovery?

Jawabnya 75% iya karena tetap bisa dilakukan perbaikan pada web. Mengapa 25% nya tidak? Karena faktornya sudah sangat fatal.

Bagaimana cara meng-recoverynya?

Silakan hubungi Konsultan SEO anda, karena pada kasus seperti ini diperlukan tingkat analisis dan penanganan teknis lebih lanjut baik mulai apa penyebabnya dan lainnya sampai ke penanganan solusinya.

Pemblokiran Website di Search Engines
read more

Tips memilih Layanan SEO

Layanan SEO

Pada masa sekarang ini, kebutuhan atas penggunaan layanan seo (search engines optimization) atau layanan organic search  saat ini bertambah sangat drastis disebabkan oleh saat ini zamannya internet. Kebutuhan ini sejalan dengan perkembangan penetrasi strategi marketing menggunakan website dan perkembangan bisnis online di Indonesia meningkat seperti toko online dan disebabkan keingin para pemasar mendapatkan pelanggan lebih banyak dari hasil pencarian di search engine seperti google, bing dan yahoo dan lainnya.

Tips memilih Layanan SEO

Berikut ini saya berikan beberapa tips dalam mempertimbangkan layanan seo dari hasil yang terkait dari sudut pandang lingkup, teknik pengerjaan yang ditawarkan secara umum secara objektif seperti terlampir dibawah ini :

1. Faktor kredibilitas dan pengetahuan

Ada 2 tipe dari konsultan seo :

a. Konsultan SEO Bersertifikat

Adalah konsultan yang memiliki skill untuk memberikan layanan seo dan pengetahuan dan kemudian telah diuji kemampuan/pengetahuan baik dari sisi skill dan pengetahuannya dan telah dinyatakan lulus (bersertifikat). Sertifikasi di keluarkan oleh Institusi di Amerika atau lainnya.

b. Konsultan SEO Non Sertifikat

Adalah konsultan yang memiliki skill untuk memberikan layanan seo dan pengetahuan akan tetapi mungkin disebabkan  belum mengambil atau belum lulus ujiannya.

2. Tersedia tidaknya garansi

a. Bergaransi

Adalah layanan seo yang memberikan garansi . Garansi yang dimaksud antara lain adalah garansi posisi (hasil) yang baik atas keyword  atau garansi uang kembali. Bahkan ada garansi yang memberikan keduanya baik posisi dan uang kembali.

Perlu di-ingat bila terkait posisi bahwa hasil pencarian di google tidak selalu konstan, bisa berubah ubah. Jadi tanyakan kepada konsultan seo atau seo spesialis anda mengenai jangka waktu berlakunya juga.

b. Tidak Bergaransi

Adalah layanan seo yang tidak memberikan garansi baik dalam bentuk hasil ataupun garansi uang kembali.

 

3. Metode dan Teknik Yang Dipakai dalam Layanan SEO

3.1. Berdasarkan tekniknya

a. White Hat Technique

Adalah metode yang menggunakan prinsip yang etis dan sangat dianjurkan untuk dipilih. Metode white hat sangat disukai oleh setiap mesin pencari dan akan memberikan kualitas yang baik terhadap performa website

b. Black Hat Technique

Adalah metode yang tidak memperhatikan prinsip yang etis bahkan cenderung melakukan kecurangan.

Berdasarkan dari 2 teknis diatas,  konsultan yang menggunakan metode white hat akan menghasilkan website yang  peluang dalam mempertahankan posisinya lebih baik dibanding black hat. Ini disebabkan search engine sendiri mempunyai peraturan-peraturan dalam menentukan hasil  pencariannya. Contohnya tidak boleh melakukan spamming, melakukan optimasi situs menggunakan software/program, dll.

Konsultan yang menerapkan prinsip black hat karena tidak memperhatikan etika nya tentunya akan melakukan spamming dan lain sebagainya demi hasil diatas dalam waktu sangat cepat.  Akan tetapi posisi yang sudah diatas tidak akan bertahan lama, dalam waktu singkat juga akan drop atau bahkan bisa langsung hilang karena di banned/penalized oleh search engines.

3.2 Berdasarkan metode pengerjaan.

a. Onpage SEO

adalah teknik optimasi website yang lebih menekankan pengoptimalisasian website pada website itu sendiri. Bukan dari luar website yang ingin dioptimalisasi. Konsultan yang menerapkan onpage pada umumnya akan menganalisisa website terlebih dahulu berdasarkan prinsip-prinsip kelaikan dalam organic search seperti konten, dan lain-lain. Hasil daripada teknik onpage akan menyebabkan lebih stabil dibandingkan teknik offpage. Disebabkan sifat daripada website berbeda-beda maka berbeda pula pengembangan teknik on page untuk setiap website. Tidak bisa disama ratakan begitu saja. Ibarat membuat kue, kita harus mengetahui persis berapa komposisi dari masing-masing bahan karena dalam hal pembuatan kue, walaupun bahannya sama akan tetapi takaran komposisi bahan juga berbeda bila semisal jumlahnya berbeda. Disinilah mengapa peran konsultan seo penting untuk pengoptimalisasian website anda.

b. Offpage SEO

adalah teknik optimasi website yang lebih menekankan pada unsur diluar website itu sendiri seperti backlink dan lain-lain. Hasil daripada teknik offpage tidak begitu stabil dibandingkan teknik onpage.  Bahkan bila salah menerapkan teknik offpage akan mengakibatkan website drop atau bahkan hilang karena di penalized search engine. Contoh nyata implementasi ini diterapkan di Google untuk pada saat pengembangan alogaritma Hummingbird disebabkan sifat dari website yang menyediakan layanan search engine tentunya ingin menampilkan hasil serelevan mungkin. Teknik Offpage yang pengimplementasiannya buruk bisa juga dikategorikan Black Hat oleh search engine yang mengakibatkan website walaupun masih live akan tetapi hilang bila di cari di search engine.

c. Onpage dan Offpage

adalah metode pengerjaan dengan menerapkan kedua teknik yang disebutkan diatas yaitu onpage dan offpage.

 

Beberapa hal penting yang perlu dicatat sesudah anda memutuskan menggunakan layanan seo adalah :

a. Posisi dalam search engines tidak ada yang kekal disebabkan faktor dinamis dan kondisi persaingan antar website yang sejenis.

Kondisi ini disebabkan mungkin saja sebelumnya pesaing bisnis online anda  belum memiliki website atau mungkin sebelumnya pesaing anda belum mengimplementasikan strategi online marketing mereka menggunakan seo.

b. Bila sudah mengimplementasikan search engines optimization guna penerapan strategi online marketing bukan berarti maka situs akan selalu mendapatkan posisi strategis untuk setiap keyword.

Jutaan variasi keyword yang memungkinkan untuk 1 layanan. Bisa saja spesialis tidak memaksimalkan keyword yang dimaksud  (Mengacu pada faktor no 3 yaitu teknik dan metode subjek a. contoh spamming).

Tips memilih Layanan SEO
read more

Peluang Usaha / Bisnis Online / Bisnis Internet

Peluang Usaha / Bisnis Online / Bisnis Internet

Perkembangan penggunaan teknologi internet tidak hanya sebatas penambahan para pengguna nya saja akan tetapi menambah banyak sisi lainnya seperti penambahan lapangan pekerjaan baik dari sisi disebabkan adanya penambahan layanan untuk kebutuhan seperti layanan search engine optimization, pembuatan website, sosial media dan lain sebagainya. Disatu sisi selain penambahan penambahan yang sudah disebutkan sebelumnya terjadi juga penambahan peluang usaha yang bila mau dilihat berdasarkan penambahannya juga dapat dikatakan tak terkira jumlahnya baik dari sisi pebisnisnya ataupun dari sisi sifat layanan/produknya.

Penambahan Peluang Bisnis / Bisnis Online / Bisnis Internet

Selain yang sudah disebutkan sebelumnya diatas, selain menimbulkan lapangan pekerjaan juga menimbulkan beraneka ragam peluang usaha disebabkan dewasa ini market untuk dunia virtual sudah banyak bahkan berkembang dari waktu ke waktu.

Penambahan peluang usaha ini tidak terlepas dari penambahan peluang usaha yang langsung mengadakan layanan terkait pengadaan layanan dunia virtual seperti pembuatan website, search engine optimization (seo), social media, pembuatan mobile apps bila terkait dalam hal pengadaan yang berbasis pada pengadaan berbasis dunia virtual. Selain itu juga timbul peluang usaha dari beraneka ragam jenisnya yang masuk kategori non pengadaan bisnis internet seperti maraknya penambahan toko online/e-commerce dengan keaneka ragaman jenis produk yang ditawarkan mulai dari produk kecantikan, elektronik, peningkatan pertumbuhan penjualan tiket online dan lain sebagainya yang tertera pada riset pencapaian penjualan online (dalam jutaan US $) dibawah ini :

 

 peluang usaha online

 Perluasan Makna Peluang Usaha / Bisnis Online / Bisnis Internet

Peluang bisnis selalu identik dengan usaha dalam mendapatkan penghasilan/keuntungan. Akan tetapi peluang bisnis dewasa ini sendiri mengalami perluasan arti saat ini. Disebabkan market yang sudah terbentuk dan semakin berkembang dari hari ke hari maka peluang usaha saat ini khususnya di dunia online tidak hanya terbatas untuk pembangunan usaha baru akan tetapi dengan peluang untuk mendapatkan pasar di industri masing-masing di dunia online.

Adapun bila peluang bisnis yang sudah disebutkan sebelumnya ditinjau dari timbulnya beberapa peluang baru seperti yang dahulu para pemilik toko dalam menjalankan bisnisnya membuka toko guna mendapatkan penghasilan atau keuntungan sebagai gambaran akan tetapi saat ini untuk bisa mendapatkan penghasilan, saat ini dengan hanya menjalankan untuk memiliki toko online/e-commerce atau dengan memiliki website yang dikonsentrasikan untuk penjualan online saja, pebisnis bisa mendapatkan penghasilan / keuntungan dari industry yang digelutinya.

Dalam penerapannya dewasa ini, bila peluang usaha terkait perluasan makna saat ini maka penambahan keuntungan tidak hanya dalam hal penjualan langsung. Beberapa pemilik bisnis dewasa ini menekuni lebih serius dalam memasarkan produk/jasanya di dunia online seperti yang pada awalnya memiliki website sebagai company profile atau kantor online mereka saat ini juga memulai aktifitas seperti konsentrasi pada salah satu instrumen search engine dengan menggunakan search engine optimization (SEO) ataupun Iklan Google Adwords dan instrumen lainnya guna mendapatkan pelanggan produk/jasa mereka dari dunia online. Ataupun memutuskan untuk memiliki website guna meraup pasar online industri mereka.

Perkembangan Peluang Usaha / Bisnis Online / Bisnis Internet

Bila peluang usaha mengalami perluasan maknanya juga, saat ini timbul beberapa peluang bisnis baru di dunia internet. Bahkan terkadang beberapa peluang bisnis dalam menghasilkan keuntungan/penghasilan tidak terkait penjualan produk/jasa melainkan hanya dengan memiliki blog, beberapa penggunanya bisa mendapatkan penghasilan. Contohnya adalah blogger yang mendapatkan income dari iklan google adsense. Bahkan saat ini juga marak dalam dunia online peluang bisnis seperti membuka layanan tour online / menjual ticket online dan masih banyak lainnya seperti mengikuti beberapa layanan affiliasi dan lain sebagainya.

Berikut ini kami berikut juga data riset kebutuhan penumpang / tiket online yang relevan dengan pertumbuhan bisnis online mengingat dewasa ini pemesanan tiket juga pada umumnya rata-rata menggunakan sistem pembelian tiket online

 

penjualan tiket online

Dari data diatas, apalagi saat ini rata-rata individu membeli tiket secara online, tentu kita juga sudah dapat memprediksi nilai sales ticketing turnovernya. Sederhananya, Asumsi kan saja dengan nilai terendah dari market share onlinenya misal hanya 20% saja walaupun kenyataannya lebih mengingat pemesanan tiket pada umumnya dilakukan online kita juga sudah jelas mendapatkan gambaran nilainya dalam jutaan dollar.

Peluang Usaha / Bisnis Online / Bisnis Internet
read more

Proteksi Website dari Hacker Menggunakan .htaccess

Seperti pembahasan pada artikel sebelumnya bahwa Hacking dapat merugikan dari segala sisi termasuk posisi SERP web anda. Berikut ini penulis beberapa tips untuk proteksi website dari hacker menggunakan .htaccess serta beberapa kode .htaccess penting untuk penerapan seo anda. Adapun untuk memproteksinya harus dilakukan dengan cara masuk ke cpanel ataupun menggunakan ftp.

Beberapa  htaccess dibawah ini dapat membantu anda memproteksi website anda atas serangan hacker seperti redirection serta akan membantu untuk mengoptimalisasi kerja server anda.

A. Untuk penerapan teknik onpage SEO Umum

1. SEO Friendly Redirects

Apa yang dimaksud dengan SEO Friendly Redirects dan mengapa redirect seperti ini dibutuhkan? Search engines pada umumnya pada saat mengcrawling website anda akan mengupdate alogaritmanya atas web anda dimana pada akhirnya akan menentukan posisi SERP anda. Hindari tindakan membiarkan web anda pada saat anda melakukan maintenance dengan membiarkan begitu saja. Ada beberapa redirect yang dapat dilakukan untuk ini baik menggunakan permanent redirects ataupun temporary redirects.

Contoh penerapannya*) adalah dengan menginput :

Redirect 301 https://edricweb.com https://www.edricweb.com/ (Permanent Redirect)

Bila anda ingin menredirect secara permanen

Redirect 302 https://edricweb.com https://www.edricweb.com/ (Temporary Redirect)

*) ganti alamat situs dengan alamat yang akan anda redirect. Alamat pertama adalah alamat asal web anda dan alamat kedua adalah alamat yang akan anda tuju (redirect)

Bila anda ingin menredirect secara permanen

 

2. Redirect ke alamat website

Salah satu SEO guideline adalah menunjuk 1 alamat url saja. Oleh sebab itu anda harus menredirect semua traffic www atau non-www

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^edricweb.com [NC]
RewriteRule ^(.*)$ https://www.edricweb.com/$1 [L,R=301]

Alamat url pertama adalah alamat asal

Alamat url kedua adalah alamat permanen yang akan tuju baik menggunakan www atau tanpa www

3. Custom Error page

Error page akan membuat website pada saat web dicrawling menjadi halaman kosong atau bahkan broken link. Tindakan seperti ini dapat membahayakan posisi SERP anda.

ErrorDocument 401 /error/401.php
ErrorDocument 403 /error/403.php
ErrorDocument 404 /error/404.php
ErrorDocument 500 /error/500.php

Petunjuk menggunakannya adalah dengan mengganti mulai dari folder / ke alamat yang akan anda tuju

 

B. Untuk penerapan hacking pada website

Kode htaccess berikut akan menambah keamanan atas akses web server anda dari tindakan hacking pada server anda.

1. Hotlinking protection menggunakan .htaccess

Dengan menggunakan kode htaccess hotlinking akan mencegah pencurian bandwith anda pada website dengan memproteksi gambar  atau sumber lain yang dihostingkan pada server digunakan pada website lain.

RewriteBase /
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^$
RewriteCond %{HTTP_REFERER} !^http://(www.)?edricweb.com/.*$ [NC]
RewriteRule .(gif|jpg|swf|flv|png)$ /feed/ [R=302,L]

 

2. Mencegah hacking

Salah satu tindakan umum yang dilakukan pada website adalah menambah malicious code, menginjeksi sql anda serta tindakan lain. Bila anda ingin menambah tingkat keamanan pada website maka beberapa kode htaccess yang akan ditambahkan antara lain sebagai berikut :

2. a. Tindakan untuk menginjeksi website diluar otoritas

RewriteEngine On
# proc/self/environ? no way!
RewriteCond %{QUERY_STRING} proc/self/environ [OR]
# Block out any script trying to set a mosConfig value through the URL
RewriteCond %{QUERY_STRING} mosConfig_[a-zA-Z_]{1,21}(=|%3D) [OR]
# Block out any script trying to base64_encode crap to send via URL
RewriteCond %{QUERY_STRING} base64_encode.*(.*) [OR]
# Block out any script that includes a <script> tag in URL
RewriteCond %{QUERY_STRING} (<|%3C).*script.*(>|%3E) [NC,OR]
# Block out any script trying to set a PHP GLOBALS variable via URL
RewriteCond %{QUERY_STRING} GLOBALS(=|[|%[0-9A-Z]{0,2}) [OR]
# Block out any script trying to modify a _REQUEST variable via URL
RewriteCond %{QUERY_STRING} _REQUEST(=|[|%[0-9A-Z]{0,2})
# Send all blocked request to homepage with 403 Forbidden error!
RewriteRule ^(.*)$ index.php [F,L]

2.b Menonaktifkan directory browsing

Tindakan ini berguna sehingga hacker tidak dapat membrowsing direktori pada server web anda dimana hacker akan menyerang salah satu file atau menyusupi skrip kedalam direktori yang ada pada web anda.

# disable directory browsing
Options All -Indexes

 

2.c Memblokir injeksi ke SQL

# Block MySQL injections, RFI, base64, etc.
RewriteCond %{QUERY_STRING} [a-zA-Z0-9_]=http:// [OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} [a-zA-Z0-9_]=(..//?)+ [OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} [a-zA-Z0-9_]=/([a-z0-9_.]//?)+ [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} =PHP[0-9a-f]{8}-[0-9a-f]{4}-[0-9a-f]{4}-[0-9a-f]{4}-[0-9a-f]{12} [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (../|..) [OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} ftp: [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} http: [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} https: [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} =|w| [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^(.*)/self/(.*)$ [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^(.*)cPath=http://(.*)$ [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (<|%3C).*script.*(>|%3E) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (<|%3C)([^s]*s)+cript.*(>|%3E) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (<|%3C).*iframe.*(>|%3E) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (<|%3C)([^i]*i)+frame.*(>|%3E) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} base64_encode.*(.*) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} base64_(en|de)code[^(]*([^)]*) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} GLOBALS(=|[|%[0-9A-Z]{0,2}) [OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} _REQUEST(=|[|%[0-9A-Z]{0,2}) [OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} ^.*([|]|(|)|<|>).* [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (NULL|OUTFILE|LOAD_FILE) [OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (./|../|…/)+(motd|etc|bin) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (localhost|loopback|127.0.0.1) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (<|>|’|%0A|%0D|%27|%3C|%3E|%00) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} concat[^(]*( [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} union([^s]*s)+elect [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} union([^a]*a)+ll([^s]*s)+elect [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (;|<|>|’|”|)|%0A|%0D|%22|%27|%3C|%3E|%00).*(/*|union|select|insert|drop|delete|update|cast|create|char|convert|alter|declare|order|script|set|md5|benchmark|encode) [NC,OR]
RewriteCond %{QUERY_STRING} (sp_executesql) [NC]
RewriteRule ^(.*)$ – [F,L]

 

2.d Memblokir IP hacker atau tindakan yang sering dicurigai melakukan tindakan web anda.

Bila website anda dilengkapi dengan fitur yang bisa mendeteksi asal tindakan hacking, anda dapat memblokir ip nya. Referensi hosting yang terdapat fitur ini adalah EdRic Hosting

Berikut contoh dari pemblokiran IP yang kami lakukan disebabkan adanya beberapa yang dicurigai sebagai tindakan hacking dan anda tinggal mengganti sesuai dengan IP yang dicurigai melakukan hacking atau mendelete mulai dari deny from saja bila dianggap tidak perlu dilakukan blokir.

#IP authentication
order allow,deny
deny from 45.57.138.46
deny from 155.94.165.32
deny from 186.27.127.129
deny from 117.156.15.19
deny from 208.115.124.10
deny from 67.17.36.173
deny from 67.17.34.2
deny from 155.94.165.167
deny from 158.222.15.22
deny from 155.94.165.32
deny from 67.17.34.57
deny from 59.42.251.197
deny from 208.115.124.10
deny from 23.94.74.122
deny from 113.88.137.92
deny from 220.191.178.2
deny from 120.198.236.10
deny from 116.112.102.38
deny from 183.10.121.213
deny from 115.182.83.38
deny from 173.232.96.129
deny from 23.94.74.122
deny from 116.93.109.137
deny from 204.44.90.44
deny from 155.94.165.17
deny from 192.119.158.144
deny from 115.238.225.26
deny from 94.242.246.192
deny from 216.244.81.34
deny from 211.218.126.189
deny from 23.94.82.248
deny from 173.66.125.228
deny from 162.206.241.53
deny from 190.202.82.234
deny from 192.210.133.231
deny from 1.234.45.50
deny from 177.159.200.100
deny from 221.229.252.98
deny from 195.154.251.120
deny from 104.144.132.117
deny from 124.206.186.161
deny from 189.91.0.24
deny from 117.135.241.79
deny from 74.208.209.116
deny from 179.61.138.186
deny from 91.218.228.196
deny from 104.168.99.27
deny from 115.231.65.16
deny from 221.178.182.20
deny from 85.214.250.48
deny from 192.210.134.139
deny from 93.127.148.201
deny from 107.173.247.123
deny from 23.95.185.133
deny from 221.178.182.96
deny from 185.28.193.95
deny from 23.94.133.140
deny from 192.3.131.248
allow from all

 

Terhitung sejak 17 November 2015 maka setiap pelanggan akan otomatis diberikan perlindungan ini.

Skrip diatas adalah skrip umum guna kepentingan SERP dan Hacking pada. Atau bila anda membutuhkan skrip ini  yang lengkap dan komplit, silakan menghubungi kami

Proteksi Website dari Hacker Menggunakan .htaccess
read more

Waspadai tindakan hacking web pada SERP

Web tidak terlepas pada tindakan hacking. Hacking web pada umumnya jelas tidak lain hanya akan merugikan pemilik web. Beragam teknik hacking pada situs, ada yang bersifat langsung ataupun tidak langsung. Yang bersifat langsung adalah tindakan yang memang khusus ditujukan oleh hacker untuk menyerang suatu web. Sedangkan tindakan yang tidak langsung terkadang muncul dari komputer kita sendiri. Mengapa? Karena pada komputer atau laptop kita terdapat virus atau malware. Virus atau malware ini lah yang secara diam-diam menyebarkan virus atau malware pada situs.

Dilihat dari motifnya hacking web, hacker yang tidak bertanggung jawab menyebabkan hacking web dapat dilihat dari beberapa aspek dan pola :

  1. Memang ingin menyebarkan malware yang dibuatnya. Karena pada umumnya pada malware terdapat script yang akan men-tracking tindakan/aktifitas kita pada komputer. Kerugian yang terjadi atas tindakan seperti ini pada umumnya pencurian data-data seperti password kita baik pada email dan sebagainya. Bahkan ada yang mencuri data kartu kredit kita.
  2. Tujuan hacking adalah membuat web down
  3. Memang sengaja meng-hack situs dengan mengganti foto atau apapun identitas asli dari web dengan tujuan tak lain adalah memeras. Karena tindakan seperti ini pada umumnya si Hacker juga bersifat terang-terangan dengan mencantumkan identitas pelaku. Kemudian berharap dihubungi oleh pemilik situs dan mendapatkan uang untuk mengembalikan situs kembali normal.
  4. Dilakukan oleh praktisi / konsultan seo yang bertipe black hat dengan maksud dan tujuan untuk menurunkan posisi SERP (search engine result page / posisi halaman pada search engine yang dihacknya).

 

Waspadai tindakan hacking web pada SERP

Seperti yang sudah disebutkan diatas hacking web dapat menurunkan posisi SERP = Search engine result page. Mengapa? Karena apapun bentuk hacking situs diatas yang ditimbulkan yang sudah disebutkan diatas akan menyebabkan beberapa kerugian seperti yang sudah disebutkan diatas yaitu :

a. Pada situs terdapat malware

Bila pada situs terdapat malware, maka search engines pada saat meng-crawling akan menemukan malware. Disebabkan terdapat malware yang pada umumnya selalu akan merugikan, maka search engines akan mendegradasi web atau bila fatal maka web akan diblacklist untuk ditampilkan pada search engine.

b. Web down

Bila  situs down, maka search engines pada saat meng-crawling akan menemukan web down. Disebabkan karena web down ini maka search engines akan mendegradasi web karena dianggap web sudah tidak aktif lagi atau bila fatal maka web akan diblacklist untuk ditampilkan pada search engine.

c. Isi / konten web hilang

Bila  isi konten web hilang, maka search engines pada saat meng-crawling akan menemukan tidak adanya konten sama sekali ataupun konten berubah. Perlu dicatat bahwa search engines adalah program alogaritma  dalam menampilkan hasil pada SERP termasuk didalamnya mencatat apa isi dari web. Dan bila isi / konten web hilang maka search engines akan mendegradasi web karena dianggap web sudah tidak aktif lagi atau bila fatal maka web akan diblacklist untuk ditampilkan pada search engine.

d. Memang untuk menurunkan posisi SERP sehingga akan kehilangan potensi pendapatan dari sisi online karena posisi pada search engines menjadi turun

Memang dilakukan oleh praktisi / konsultan seo yang bertipe blackhat dengan maksud menurunkan posisi web yang di hackingnya. Polanya beraneka ragam seperti memasukan skrip/menginjeksi ke dalam dataabase, spamming, traffic hijacking/membajak traffic situs kita serta masih banyak lainnya sehingga atas tindakan hacking ini search engines akan mendegradasi web atau bila fatal maka web akan diblacklist untuk ditampilkan pada search engine.

Antisipasi dalam mewaspadai tindakan hacking web pada SERP

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan dalam mewaspadai tindakan hacking yang dapat diambil antara lain sebagai berikut :

  1. Membackup database anda karena beberapa tindakan hacking adalah dengan menginjeksi kode/script tertentu kedalam database anda. Sehingga bila situs terkena hacking, anda dapat menghapus seluruh database yang terkena infeksi kemudian menggantikan dengan yang masih baik yang sudah di backup sebelumnya.
  2. Tindakan hacking web juga pada umumnya bila anda menggunakan opensource maka akan menyusupi plugin atau modul ataupun design/templates anda. Bila terkena hacking, maka ada baiknya untuk menghapusnya kemudian mengganti dengan yang masih baik. Atau alternatif lain adalah dengan mengupdatenya bila terdapat update.
  3. Memproteksinya melalui .htaccess. Beberapa tindakan proteksi dapat dilakukan dengan menaruh instruksi pada .htaccess. (Akan dibahas pada artikel selanjutnya)
  4. Menambah fitur SSL / Secure Site. SSL adalah layanan dimana akan mengenkripsi arus informasi termasuk web anda sehingga akan lebih aman. SSL juga sangat dianjurkan untuk web yang bersifat memiliki transaksi online seperti e-commerce.
Waspadai tindakan hacking web pada SERP
read more